Minggu, 15 Maret 2020

Dampak Virus Corona Bagi Perusahaan Event

Wirausahamuda.info, Minggu 15 Maret 2020 akan membahas terkait virus covid-19 yang berpengaruh juga dalam dunia event.


Berbicara mengenai virus corona ini, memang banyak pihak menyayangkan akibat banyak kerugian yang ditimbulkan. Coronavirus sudah menyebar ke berbagai negara, salah satunya adalah di negara kita Indonesia. Coronavirus symtoms adalah virus yang berasal dari negara tirai bambu dan mampu membuat geger seluruh penjuru negara. Di indonesia sendiri update viruscorona terakhir, sudah mencapai 90an orang yang sudah dinyatakan positif terjangkit viruscovid-19. Yang cukup mengejutkan, salah satu menteri jajaran kabinet presiden Jokowi terjangkit  virus asal china ini. Dengan adanya kejadian ini, beberapa kepala daerah melakukan himbauan kepada warganya.

Dampak virus corona


Di jakarta beberapa hari lalu, sebelum tulisan ini diterbitkan, gubernur Anis Baswedan dan pemda jakarta menghimbau warga ibukota untuk tidak berkunjung atau mengadakan keramaian. Bahkan beberapa Destinasi Wisata Ibukota ditutup sementara selama 14 hari. Melihat dampak ini beberapa pusat perbelanjaan mengalami kerugian, karena pengunjung sangat menurun secara drastis. Selain pusat perbelanjaan, terdengar kabar juga disalah satu daerah menutup sejumlah stadion agar tidak mengadakan aktivitas di lapangan. Info terkini di daerah Depok Jawa Barat, beberapa sekolah dengan terpaksa meliburkan siswa-siswinya. Mengingat awal mula viralnya virus corona di indonesia adalah, bermula dari salah satu warga depok daerah Cagar Alam tepatnya yang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Beberapa perguruan tinggi juga menghimbau para mahasiswa untuk sementara waktu tidak melakukan aktivitas perkuliahan. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kembali ke topik pembahasan awal, bahwa viruscorona juga sangat berpengaruh dalam dunia Event. Karena himbauan di beberapa daerah agar tidak menyelenggarakan acara dimana acara tersebut bertujuan untuk mengumpulkan orang banyak. Tentunya sebuah Event juga termasuk kedalam larangan tersebut.

Dampak Corona Bagi Perusahaan Event

Baca juga, antisipasi virus corona

Akibat banyak himbauan dari pemda hingga pemerintah agar warganya tidak menyelenggarakan acara, sehingga dampak bagi para pengusaha event adalah ditundanya acara hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Gambar diatas merupakan screen shot di status Whats App  yang dibuat oleh salah satu rekanan Event Organizer. Memang, dampak viruscorona ini di dunia event sangat membuat kerugian diberbagai pihak. Semoga dengan adanya kejadian ini bisa membuat masing-masing pihak menjadi sadar akan kesehatan. Perlu diketahui juga bahwa untuk menyelenggarakan sebuah event, telah dibentuk sebuah kesepakatan antara pemesan dan pihak kontraktor event. Hasil kesepakatan yang dibentuk, diantaranya adalah melakukan survey lokasi ditempat berlangsungnya event. Sehingga bentuk kerugian dari diundurnya sebuah acara adalah banyak perusahaan yang semakin menjadi sulit dalam hal keuangan.

Acara Partai Demokrat tetap berlangsung aman

Walaupun banyak penyelenggaraan sebuah Event/acara yang dibatalkan, demi sebuah keamanan terhindar dari virus corona. Namun pada tanggal 15 maret 2020 sudah terjadwalkan acara Kongres V Partai Demokrat yang didirikan oleh mantan presiden Indonesi, bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab dipanggi SBY.

Acara ini berlangsung di JCC gedung Assembly atau gedung pertemua JCC. Crew event sebelum melakukan pemasangan beberapa alat event, semuanya diperiksa satu persatu untuk mengetahui suhu badan mereka. Termasuk saya. Karena saya juga berada dilokasi untuk tugas pengawasan dan kordinasai terkait penempatan barang event yang dipakai dalam acara Kongres V Partai Demokrat. Acara ini berlangsung dengan aman, dan semua pengunjung yang masuk ke area gedung pertemuan dapat dipastikan aman dari segi kesehatannya. Karena tidak mungkin apabila pengunjung yang dalam keadaan demam dan memiliki suhu tubuh diatas rata-rata diperbolehkan masuk. Karena dikhawatirkan terindikasi viruscovid-19, yang berpotensi menular dalam perkumpulan orang-orang.

Sekian dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat. Kita berdoa semua semoga virus corona yang sudah menyebar di indonesia, segera mendapat vaksin penyembuhannya.

0 komentar

Posting Komentar

Promosi Ditengah Pandemik

Promosi Ditengah Pandemik Wirausahamuda.info   Selasa 05 Mei 2020 mencoba melakukan pembahasan terkait fenomena umum yang menjadi boom...