Jumat, 06 Maret 2020

15 Technik Closing | Wirausahamuda.info

Wirausahamuda.info kali ini saya akan mencoba berbagi tentang tips Closing dalam penjualan. Closing merupakan hal penting dalam urusan bisnis. Karena tujuan utama dalam bisnis dan penjualan yaitu closing. Dimana seorang customer dapat dipastikan membeli produk yang kita jual.
 Tonton juga belajar wirausaha dari Wayan Supadno


Cara mudah closing tanpa harus pusing

Kebanyakan penjual mengalami beberapa persoalan, saat menjual produknya. Beberapa persoalannya yaitu penolakan dari pembeli, entah dari dipengaruhi dari harga yang terlalu mahal, pembeli kurang tertarik, dan alasan ini itu yang berakhir ketidak minatan pembeli terhadap barang yang kita jual.

Dalam pembahasan ini, kita akan mengulas tentang pentingnya teknik closing, karena hal ini akan pengaruhi tingkat Konversi yang berarti customer juga akan semakin banyak. Sebagai contoh, semisal kita biasa mencapai target penjualan sebelum mengenal teknik closing sebesar 10%, harapannya setelah mengenal dan memahami teknik closing yang akan dibahas ini, bisa mencapai target penjualan sebesar 80%.

Teknik closing tidak jauh dari pembahasan soal Penjualan, karena teknik closing bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk yang kita jual. Adapun beberapa dasar penjualan yang harus diketahui dan pahami  mengapa seseorang tertarik untuk membeli barang yang kita jual. Ada 2 hal yang sangat mempengaruhi mengapa orang membeli barang yang dijual.

‌1. Emosi
80% Orang memutuskan membeli karena emosi.
‌2. Logika
Sedangkan 20% lainnya, memutuskan untuk membeli karena logika.

Dari dua hal diatas, maka dapat dipastikan bahwa pembeli cenderung mengandalkan sifat emosionalnya dibandingkan logikanya. Maka, Sudah sewajarnya harus dipahami oleh penjual bahwa harus mampu membuat pembeli tertarik terhadap barang yang kita jual. Caranya yaitu :

‌Memberi alasan mengapa orang harus beli barang atau produk yang dijual.
‌Harus Jujur, agar orang memberi kepercayaan kepada kita sebagai penjual.
‌Memberikan penawaran menarik berupa diskon, promo, bonus dan sebagainya untuk menarik pembeli.
Itu merupakan beberapa hal dasar agar pembeli tertarik dengan produk yang kita jual. Selain itu, kita juga harus tahu dan perlu melakukan hal-hal berikut ini yang juga menjadi bagian dari dasar Penjualan:


- Temukan "Hot Button" Customer.
- Bangun "Kedekatan" dengan Customer.
- Mengetahui "Ciri-ciri Closing" yang berarti kita telah berhasil mengambil hati Customer.
Langsung saja kita bahas 17 Teknik Closing yang harus dilakukan oleh penjual agar mampu meningkatkan penjualan produknya.

1. Membuat Customer berkata Ya' sebanyak-banyaknya.
Maksudnya adalah harus bisa membuat suasana agar customer Selalu berkata ya', atas pertanya-pertanyaan yang kita ajukan, Karena itu akan menunjukkan bahwa customer sudah sehati dengan kita dan menjawab pertanyaan dengan alur beberapa pertanyaan yang kita buat.
Intinya kita harus bisa membuat mereka untuk setuju dengan semua pernyataan kita.

2. Banyak Tanya
Sebagai seorang penjual, kita harus banyak tanya kepada customer, disamping agar pembicaraan tidak kering. Cara ini juga sebagai salah satu teknik closing yang handal. Intinya jangan sampai pembicaraan berakhir dengan kalimat jawaban kita atas pertanyaan dari customer. Tapi harus selalu kreatif membuat pertanyaan kepada customer setelah menjawab pertanyaan dari mereka.

3. Berikan 3 Keuntungan Ringkas dalam 1 Penawaran
Customer akan lebih tertarik ketika membeli sebuah produk yang memberikan hasil atau manfaat yang berlipat-lipat daripada membeli satu produk dengan satu manfaat yang didapat. Sebagai contoh iklan-iklan produk 3 in 1.

4. Keputusan Cepat dan Tepat

Beritahu customer, bahwa mereka akan menyesal apabila tidak membeli produk anda sekarang. Dalam hal ini harus pandai-pandai kita memberikan promo menarik yang berlaku saat itu juga. Karena kebanyakan customer memiliki sifat menunda untuk membeli produk yang kita jual.

5. Surprise/Kejutan

Siapa sih yang tidak senang ketika diberi kejutan. Mungkin kebanyakan orang juga pasti akan merasa senang apabila diberi kejutan. Tidak jauh dari customer kita. Mereka juga akan merasakan hal yang sama, ketika dikasih kejutan dari produk yang kita jual. Dalam artian kita berikan bonus-bonus menarik dari produk yang dijual. Hal ini akan menambah mereka menjadi puas dan bahagia dengan pelayanan kita. Dengan pelayanan yang puas, otomatis mereka akan berlangganan untuk membeli produk kita.


6. Perbandingan
Teknik closing yang keenam adalah perbandingan. Disini kita harus bisa membandingkan produk jualan kita dengan produk lainnya. Namun dalam membandingkan juga ada triknya, yaitu dengan menempatkan posisi produk kita berada di tengah-tengah. Misalnya ada produk yang dari segi kualitas dan harganya lebih mahal dan bagus, lalu kasih juga produk yang kualitasnya dibawah produk kita dan harganya lebih murah. Nah, disitu kita mainkan percakapan dengan bahasa yang menarik agar customer lebih memilih produk kita yang posisinya ditengah keduanya dan menjelaskan jika produk kita mendekati dengan kualitas yang lebih mahal tadi, namun harganya lebih terjangkau.

7. Harga
Cantumkan harga perbandingan diawal yang nominalnya lebih mahal dari harga yang sekarang dan nominalnya lebih murah. Caranya yaitu dengan mencoret harga awal yang lebih mahal dan munculkan harga baru yang lebih murah. Tentunya customer akan lebih tertarik dengan harga yang sekarang.

Berikutnya masih dalam proses penulisan ya sahabat, mohon menunggu. Silahkan baca artikel lainnya dahulu di www.wirausahamuda.info

8. Menjilat
Dengan teknik menjilat ini, bukan berarti atau hal nya kita melakukan penjualan secara jelek ataupun curang. Dengan teknik ini kita bisa mengetahui dan bagaimana cara nya produk kita lebih laku di beli untuk semua kalangan pangsa pasar. Semakin kita jago memuji konsumen. Semakin besar pula potensi mereka untuk membeli produk yang kita tawarkan. karena dari semua konsumen pasti merasa senang dirinya di puji-puji.
Ini adalah salah satu cara atau teknik untuk menggaet sih konsumen, ibaratnya semakin pintar kita memuji, semakin besar pula potensi Closing.

9. Banding Pesaing
Dengan teknik ini, kita bisa lakukan dengan sebuah perbandingan. Caranya yaitu membandingkan kekurangan produk lain dengan memberi kelebihan produk yang kita jual atau tawarkan.
Buatlah konsumen untuk memilih & memilah. Dengan membeberkan kelebihan dari produk yang kita tawarkan calon konsumen akan memikirkan sendiri kekurangan dari produk lain. Dan potensi untuk membeli produk yang kita jual akan semakin tinggi.

10. Tampak Murah
Dengan teknik ini, kurang lebih bisa menggunakan cara memanipulasi calon konsumen walaupun sebenarnya tidak memanipulasi sama sekali. Kita hanya membuat sederhana harga yang ditawarkan. Dengan ini bisa menggunakan cara ini dengan harga yang kelihatan murah dan menarik. Disitu lah calon konsumen merasa tertarik untuk membeli.
Dengan menggunakan bahasa iklan, dengan harga yang murah. Dengan iklan harian, mingguan bahkan bulanan. Dengan menawarkan paketan yg menarik, seperti halnya dengan menggunakan sistem kredit.

11. Todongan
Teknik menodong ini, sama hal nya dengan membuat calon konsumen seperti raja.
Menjadikan konsumen merasa dirinya merasa spesial, dengan hal itu calon konsumen akan merasa malu jika tidak membeli. Ajak calon konsumen ketemuan, dengan membuat konsumen menjadi orang paling spesial. Ketika konsumen tidak membeli produk yang kita tawarkan, maka disituh lah konsumen akan merasa tidak enak.

12. Empati
Dengan teknik ini, selagi No rapport, No Sale! Tenik ini paling ampuh dalam membangun kedekatan dengan calon konsumen. Semakin dekat dengan calon konsumen, semakin dekat dengan kata closing. Ketika kita merasa bagaimana rasanya menjadi mereka, CLOSING akan terjadi dengan sendirinya.

13. Eksklusif
Dengan teknik ini, kita tidak boleh berbohong kalau memang produk tidak terbatas. Jangan pernah katakan terbatas, gunakan sesuai dengan porsinya saja. Yang termasuk tidak terbatas itu tidak sampai puluhan jumlahnya. Kalau sudah sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan, itu sudah tidak terbatas lagi. Hati-hati, jangan sampai blunder.

14. Bridging
Dengan teknik ini, mirip dengan teknik perbandingan. Tunjukkan kepada calon konsumen produk apa saja, pastikan konsumen memilih apa yang ingin dipilih.
Kita hanya memastikan produk itu cocok atau tidaknya. Kita berfungsi sebagai jembatan diantara pilihan yang konsumen inginkan.

15. Joke
Dengan teknik ini, cara membuat calon konsumen merasa tertawa. Dengan itu konsumen akan lebih menyukai dan senang dengan kita. Dengan merasa lebih dekat dan nyaman satu sama lain, calon konsumen tidak  merasa berpikir negatif. Dengan merasa nyambung satu sama lain, disitulah teknik yang bisa membuat calon konsumen merasa tertarik. Dengan sudah di anggap menjadi teman sendiri.

16. Jika... Maka
Teknik ini mirip dengan teknik NOW OR NEVER !!! Padahal sengaja kita ungkapkan agar calon konsumen bisa berpikir tentang kerugian nya kalau tidak membeli. Contohnya: Jika anda tidak membelinya sekarang, maka besok anda harus mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk membeli nya.

17. Cerita Orang
Dengan teknik ini, orang lebih cenderung lebih yakin dengan cerita orang. Calon konsumen sebelum ingin membeli suatu produk, tentunya melihat review atau cerita dari orang yang pernah membeli produk itu. Dengan mengungkapkan review yang bagus, maka disituh lah konsumen merasa ingin membeli dan tertarik untuk membeli.

Demikian 17 Teknik Closing yang saya rekomendasikan kepada kalian, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk usaha yang kalian jalani.

0 komentar

Posting Komentar

Promosi Ditengah Pandemik

Promosi Ditengah Pandemik Wirausahamuda.info   Selasa 05 Mei 2020 mencoba melakukan pembahasan terkait fenomena umum yang menjadi boom...