Kamis, 30 November 2017

Smk Nahdlatul Ulama Tasikmalaya Mengajari Siswa Berwirausaha

Pada tanggal 04 November 2017, Siswa-siswi Smk NU Tasikmalaya Jawa Barat mengikuti kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang dilaksanakan di sekolah mereka. Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh siswa, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut siswa cukup memperhatikan apa yang disampaikan oleh para tentor/pengajar.
Kelas XII menjadi sorotan paling penting, karena akan menjadi contoh bagi adik-adik kelas dibawahnya. Sehingga, kelas XII akan dijadikan patokan tinggi rendahnya antusias siswa siswi SMK NU Tasikmalaya ini.

Dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, atas permintaan dari guru kewirausahaan untuk waktu penjadwalan disesuaikan dengan pelajaran kewirausahaan agar tidak mengganggu mata pelajaran yang lain.
Pelatihan kewirausahaan sangat penting bagi siswa, karena setelah lulus dari Smk diharapkan siswa tidak hanya fokus untuk mencari atau melamar pekerjaan saja. Akan tetapi mereka harus mampu dan memiliki jiwa wirausaha yang telah diajarkan oleh guru mereka.
Pelatihan kewirausahaan yang diikuti seluruh siswa (kelas X, XI dan kelas XII) berjalan sekitar dua minggu. Berbeda dengan sekolah lain yang biasanya memakan waktu hanya satu minggu saja. Namun, dengan waktu evaluasi yang diundur, siswa SMK NU dalam melaksanakan Job Training lebih lama, sehingga hasil praktek siswa juga akan menjadi lebih maksimal. Dalam artian, ada perpanjangan waktu praktek kewirausahaan yang berbeda dengan sekolah lain. Misalnya pelatihan di Smk SPPN Tasikmalaya dan Smk Manarotul Ummah, yang sudah terlaksana sebelumnya hanya membutuhkan waktu satu minggu. Alasan tersebut karena pada saat Evaluasi yang seharusnya terlaksana pada tanggal 11 November 2017 sedang ada kegiatan di Smk NU. Sehingga, setelah koordinasi dengan pihak sekolah (Pak Nizar) maka diputuskan bahwa jadwal evaluasi akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2017.

Walaupun kegiatan evaluasi diundur, namun pada saat pelaksanaannya kegiatan tersebut tetap berjalan seperti yang diharapkan. Berikut ini adalah dokumentasi dari kelas XII RPL pada saat pelaksanaan Evaluasi.

Siswa-siswi tersebut merupakan gabungan dari dua kelas, yaitu kelas XII RPL 1 dan kelas XII RPL 2. Dari kedua kelas, beberapa siswa telah sukses melaksanakan Job Training sehingga mereka dapat dinyatakan lulus tanpa mengikuti test tertulis. Beberapa siswa yang telah sukses Job Training dapat dikatakan bahwa mereka adalah siswa yang serius dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini dan dapat memanfaatkan waktu praktek yang cukup lama, sekitar dua minggu.
Seperti yang disinggung di awal, bahwa kelas XII harus menjadi contoh bagi adik-adik kelasnya dan ternyata sudah terbukti bahwa kelas XII RPL merupakan kelas terbaik dibandingkan dengan kelas-kelas lain di Smk NU Tasikmalaya.

0 komentar

Posting Komentar

Woww !! Event Kembali Ramai

 Wirausahamuda.info kembali membahas terkait Ramainya kembali dunia Event Jakarta,yang merupakan pertanda baik bagi para penggiat event orga...