Jumat, 19 Januari 2018

Siswa-siswi Smk Muhammadiyah 1 Banjarsari ikut pelatihan BEST

Smk Muhammadiyah 1 Banjarsari yang memiliki beberapa jurusan, diantaranya Akuntansi (AK), Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ), Multimedia (MM), juga ada satu lagi yaitu Administrasi Perkantoran (AP). Dari masing-masing jurusan, seluruh siswanya mengikuti pelatihan kewirausahaan sekolah bersama Bintang Eka Swatama. Kerja sama ini telah berlangsung sejak tahun 2014, dan ini merupakan kerja sama di tahun kedua bersama Bintang Eka Swatama (BEST).

SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari bukan satu-satunya Smk di daerah Banjarsari, ada beberapa sekolah di daerah tersebut. Bahkan dilingkungan yang sama dan tepatnya berdekatan, ada Smk Muhammadiyah 2 Banjarsari, namun untuk Smk 2 belum bisa penjadwalan pelatihan kewirausahaan karena ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak atau belum bisa penjadwalan, diantaranya karena padatnya jadwal pelatihan di sekolah lain.
Siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari cukup banyak, sehingga dalam pelaksanaan pelatihan kewirausahaan terbagi lebih dari lima kelas. Banyaknya siswa yang memilih sekolah di Smk ini, mungkin disebabkan oleh banyaknya jurusan yang menarik perhatian lulusan dari sekolah-sekolah smp disekitaran Banjarsari. Sehingga banyak yang berminat untuk sekolah di Smk Muhammadiyah 1 Banjarsari.

Siswa-siswi SMK selain memiliki keahlian jurusan yang diambil, mereka juga memiliki banyak keahlian lainnya, diantaranya adalah keahlian di bidang kewirausahaan. Karena dalam silabus pembelajaran sudah ada pelajarannya yang diharapkan setelah lulus sekolah mereka benar-benar menguasai dunia usaha. Sehingga praktek kewirausahaan yang diikuti oleh siswa diharapkan dapat diimplementasikan setelah mereka lulus.
Harapan ini adalah keinginan guru yang Mudah-mudahan bisa terlaksana. Karena orang tua siswa pun mengharapkan demikian.
Tidak salah ketika ada jasa pelatihan kewirausahaan untuk siswa dari perusahaan BEST mengajukan kerja sama dengan SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari ini. Kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut juga turut di dukung oleh beberapa guru, termasuk guru mata pelajaran kewirausahaan di sekolah tersebut. Dari  berbagai dukungan yang ada, Siswa-siswi akan merasa semangat dalam mengikuti pelatihan ini. Berikut ini adalah dokumentasi kelas XII Akuntansi (AK) pada saat Evaluasi.

Sebenarnya masih banyak dokumentasi dari kelas-kelas lain yang belum bisa dipublikasikan. Dikarenakan data atau fotonya belum didapat oleh penulis.

Dari data yang diperoleh, hasil praktek kewirausahaan yang diikuti oleh siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari, sekitar 30-60% siswa mendapatkan sertifikat lulus dari Bintang Eka Swatama. Kegunaan sertifikat tersebut sangat penting bagi siswa, karena dapat digunakan untuk referensi keahlian siswa setelah lulus sekolah.

Informasi Sekolah lain klik disini 

0 komentar

Posting Komentar

Promosi Ditengah Pandemik

Promosi Ditengah Pandemik Wirausahamuda.info   Selasa 05 Mei 2020 mencoba melakukan pembahasan terkait fenomena umum yang menjadi boom...