Jumat, 19 Januari 2018

Class Motivation SMK Hepweti Ciamis

Belajar Kewirausaan, Smk Hepweti Ciamis cukup semangat

Hari Jumat 13 Januari 2018, telah disepakati kerja sama antara pihak sekolah dengan Perusahaan jasa pelatihan kewirausahaan untuk siswa. Kesepakatan tersebut dilakukan agar pelaksanaan kegiatan Pelatihan berjalan sesuai rencana. Dra.Tati sebagai kordinator sekolah, merupakan guru mata pelajaran kewirausahaan kelas XI. Karena menurut informasi yang didapat, untuk tahun ini pelajaran kewirausahaan hanya untuk kelas XI saja. Sehingga sasaran kegiatan Pelatihan ini hanya untuk kelas XI. Adapun jumlah jurusan yang ada di Smk Hepweti Ciamis sebanyak 4 jurusan, meliputi: Akuntansi (AK), Pemasaran (PM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan jurusan Busana Butik (BB).

Pelatihan kewirausahaan untuk siswa merupakan program tahunan untuk semua sekolah Smk yang telah maupun yang baru bekerja sama dengan Perusahaan Bintang Eka Swatama. Yang diharapkan dapat memberi motivasi siswa dalam dunia wirausaha. Selain itu, program ini juga akan membantu guru pelajaran kewirausahaan untuk penilaian siswa. Berikut ini adalah contoh absensi siswa kelas XI Ak, yang akan diserahkan kepada guru kewirausahaan (ibu Tati). Penilaian ini penting, karena ini akan dijadikan nilai praktek pelajaran kewirausahaan untuk seluruh kelas XI SMK Hepweti Ciamis.

Daftar nama siswa tersebut diserahkan oleh guru kewirausahaan sebelum pelaksanaan Training Class Motivation dimulai. Dengan adanya data tersebut, Siswa-siswi bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. Masing-masing kelas ada datanya tersendiri dan untuk jumlah siswanya pun berbeda-beda.

Kelas XI Ak yang jumlahnya 21 siswa, semuanya hadir dan mengikuti pelatihan kewirausahaan dari Bintang Eka Swatama. Berbeda dengan kelas lain yang beberapa siswa tidak hadir di kelasnya, sehingga beberapa siswa yang tidak hadir belum bisa mengikuti pelatihan kewirausahaan ini. Misalnya kelas XI Pemasaran jumlah seluruh siswa dalam satu kelas 25 orang, namun yang hadir dikelas sekitar 21 orang, jadi untuk siswa yang tidak hadir sudah otomatis belum bisa mengikuti pelatihan ini. Berikut ini dokumentasi kelas XI Pemasaran, dengan jumlah sekitar 21 siswa.

Kelas XI Pemasaran terlihat sangat semangat , dalam mengikuti pelatihan ini.  Begitu juga dengan kelas lain (AK, TKJ dan BB) sangat semangat dalam mengikuti pelatihan kewirausahaan. Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan, siswanya digabung dalam satu kelas dengan kelas XI Busana Butik dengan alasan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak. Sehingga dengan digabungnya kelas tersebut bertujuan agar lebih efektif dalam penyampaian materi dari Trainer Bintang Eka Swatama.

Semoga kesemangatan siswa siswa-siswi SMK Hepweti Ciamis dalam pelatihan ini, memberikan contoh baik untuk sekolah-sekolah lain dalam berpraktek kewirausahaan. Dengan rasa semangat yang tinggi, pasti hasil yang didapat akan maksimal dan tentunya setelah lulus sekolah, siswa sudah siap bersaing di dunia luar, dunia pekerjaan yang mereka harapkan karena sudah memiliki pengalaman praktek kewirausahaan dari sekolah dan Bintang Eka Swatama.

0 komentar

Posting Komentar

Promosi Ditengah Pandemik

Promosi Ditengah Pandemik Wirausahamuda.info   Selasa 05 Mei 2020 mencoba melakukan pembahasan terkait fenomena umum yang menjadi boom...